Bagian-bagian Laptop dan Fungsinya Yang Harus Kamu Tahu

Artikel kali ini kami akan berbagi ilmu tentang bagian – bagian laptop / notebook dan fungsinya agar memudahkan kamu untuk memahami tentang hardware laptop. Laptop sudah menjadi kebutuhan pokok untuk saat ini, dan fungsinya juga berbeda beda.

Komponen laptop dan komputer sebenarnya hampir sama, hanya saja ukuranya lebih keccil daripada komputer. Disini kami akan membahas bagian-bagian laptop lengkap beserta keterangan dan penjelasan agar mudah dipahami oleh para pengunjung blog. Bagi kamu yang masih pemula, informasi ini sangat cocok buat kamu belajar mengenal bagian-bagian laptop dan fungsinya.

Kamu juga bisa meniapkan laptopmu untuk bahan praktek mengena bagian-bagian laptop agar lebih cepat paham dan mengerti apa nama dan fungsinya . Berikut  komponen laptop beserta fungsi , penjelasan dan gambarnya :

Bagian – Bagian Laptop

  1. Chasing

Chasing pada laptop berfungsi sebagai tempat untuk memasang  perangkat laptop seperti: motherboard, LCD, hardisk, dvd, dan perangkat lainya. Chasing juga berfungsi melindungi hardware yang ada pada laptop itu sendiri, casing ini agak rawan pecah apabila kena benturan atau jatuh.

  1. Mobo / motherboard / mainboard

Motherboard atau Mainboard adalah pusat komponen elektronik pada laptop sebagai tempat untuk memasang perangkat laptop seperti prosessor, chip, soundcard, hardisk / ssd, dan perangkat lain untuk mendukung kinerja laptop. Apabila terjadi kerusakan pada komponen ini maka laptop biasanya akan mati, hang, no display, usb tidak berfungsi dll.

  1. LED Layar

LED merupakan hardware pada laptop yang berfungsi untuk menampilkan tampilan laptop itu sendiri berupa gambar atau teks. LED adalah pengganti dari LCD monitor pada PC.

  1. Processor / Chipset

Processor bisa dibilang sebagai otak dari laptop itu sendiri. Dia mengontrol Semua aktifitas dan proses  sebelum ditampilkan atau dikeluarkan pada perangkat output.

  1. Keyboard

Keyboard merupakan tombol perangkat input yang berfungsi untuk memasukan data berupa angka, huruf dan symbol. Keyboard pada laptop dikemas seminimal mungkin sehingga kelihatan lebih rapi dan efisien.

  1. TouchPad

TouchPad merupakan perangkat input pada laptop yang berfungsi untuk menggerakan pointer pada layar LCD/monitor, Touchpad ini menggantikan peran mouse pada komputer akan tetapi touchpad menggunakan sentuhan untuk menggerakkanya.

  1. RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat laptop yang berpengarh terhadap kinerja laptop tersebut. Besarnya RAM akan mempengaruhi kecepatan proses dari laptop tersebut. Sehingga apabila menginginkan laptop yang cepat, bisa pilih laptop dengan ram yang besar

  1. Harddisk / SSD

Harddisk atau SSD  merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data atau program di dalam laptop, Data yanga disimpan pada harddisk tidak akan hilang jika koita tidak menghapusnya. Besarnya kapasitas dari harddisk biasanya mempunyai ukuran Giga. Untuk SSD fungsinya sama dengan hardisk akan tetapi speedna jauh lebih cepat dalam prosses membuka program atau memindah data.

TRENDING :   Tips Mudah Cek Kondisi Laptop Bekas

 

  1. DVD RW

DVD merupakan sebuah hardware laptop yang berfungsi untuk membaca CD, selain itu DVD juga dapat melakukan burning pada CD untuk menyimpan data pada kepingan CD

  1. Wireless Card atau WIFI

Wireless Card adalah hardware laptop yang berfungsi untuk menangkap sinyal wifi sekitar sehingga laptop dapat terkoneksi internet tanpa kabel.

  1. Fan Processor

Fan pada laptop berfungsi untuk mendinginkan perangkat laptop terutama Prosessor

  1. Baterai

Baterai pada laptop berfungsi untuk menyimpan listrik dan mensuplai listrik pada perangkat laptop. Baterai pada laptop umumnya mempunyai kemampuan untuk dapat bertahan sekitar 3 sampai 8 jam.

Itulah beberapa perangkat laptop yang harus kamu pahami, semoga informasi dari softmedia bermanfaat ya guys. 😀