Tips Mudah Cek Kondisi Laptop Bekas

Tips Mudah Membeli Laptop Bekas

Saat ini penjualan laptop baru maupun bekas meningkat pesat, untuk itu kami akan memberikan tips apabila membeli laptop bekas, karena jika tidak hati2 bisa jadi kamu dapatkan laptop yang kurang sehat atau banyak masalah.

Setidaknya kamu juga harus tahu sedikit tentang dasar-dasar penggunaan laptop atau tips memilih laptop bekas. Ada beberapa tools atau software yang harus kamu siapkan sebelum cek laptop bekas, biar kamu benar2 tahu kondisi laptop yang akan kamu beli. Berikut tips ketika mau membeli laptop bekas agar kamu tidak kecewa :

Cek Fisik Laptop

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cek kondisi fisik laptop tersebut, pastikan fisikna masih mulus dan layak pakai, tidak ada yang pecah, patah, rusak dll. Pastikan juga cat / warna laptop masih bagus karena beberapa laptop ada yang cat warnanya mudah mengelupas.

TRENDING :   Hindari Hal Ini Jika Ingin Laptopmu Awet !

Setelah itu cek bagian layar laptopnya, pastikan tidak ada garis, spot pojok putih, jamur , polaris dl. Pastikan layarnya benar2 mulus bening tanpa cacat sedikitpun, karena harga layar juga lumayan mahal.

Untuk pengecekan fisik ini kamu harus teliti, terutama bagian casing dan layar lcd laptop tersebut. Layar jamur sekilas tidak terlihat sehingga kamu harus jeli dan teliti saat cek kondisi layar.

Cek Kondisi Batrei Laptop

Langkah kedua ialah cek bagian batre laptop, batre yang masih bagus rata2 masih bertahan minimal 2 jam pemakaian. Selain itu bisa juga cek kesehatan batre menggunakan software HW Monitor atau aplikasi lain untuk cek kesehatan batrei, di akhir artikel ini kami juga siapkan link video cara cek kesehatan laptop yang kami upload di youtube.

Pengecekan batre juga sangat penting dalam memilih laptop bekas karena apabila ganti batre juga harganya lumayan mahal yang original. Untuk batre yang bisa di lepas kamu bisa cek original atau tidak batre tersebut, sudah pernah ganti atau belum dari merk batre tersebut.

TRENDING :   Bagian-bagian Laptop dan Fungsinya Yang Harus Kamu Tahu

Cek Keyboard

Langkah ketiga ialah cek kondisi keyboard laptop tersebut, untuk cek keyboard bisa menggunakan aplikasi keyboard test maupun aqua test. Dengan aplikasi tersebut kamu bisa mengetahui mana tombol yang bermasalah sehingga bisa jadi bahan pertimbangan saat membeli laptop bekas. Pastikan semua keyboard normal tanpa ada yang bermasalah.

Jika kondisi keyboard kurang bagus atau kondisi rusak, maka kamu perlu ganti dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu sekitar 100-200an.

Cek Kesehatan Hardisk

Langkah keempat ialah cek kesehatan hardisk menggunakan aplikasi Hardisk Sentinel, aplikasi tersebut bisa di download

DOWNLOAD APK DISINI

Pastikan kesehatan hardisk / ssd sehat 100 % dan performa 100 %. Apabila kesehatan hardissk kurang dari 100 % kami sarankan anda memilih laptop lainnya karena kesehatan dibawah 100 % biasanya laptop suda mulai lelet atau lemot.

Pengecekan hardisk juga sangat penting karena jika hardisk tidak sehat, maka laptop akan terasa berat dan lambat.

Cek Speaker, Charger & Camera

Selanjutnya anda harus cek kondisi speaker dan kamera laptop, pastikan keduanya berfungsi dengan normal tanpa kendala. Suara jernih dan kamera berfungsi normal. Charger laptop juga cek untuk memastikan berfungsi dengan baik.

TRENDING :   Spesifikasi Minimum Laptop Untuk Aplikasi Dapodik

Cek Suhu Laptop Ketika Nyala

Langkah berikutnya cek kondisi laptop saat nyala beberapa menit, pastikan laptop tidak mudah panas agar aman kedepannya.

Itu tadi adalah beberapa tips untuk mengecek laptop bekas, semoga bermanfaat apabila anda mau beli laptop bekas dan bisa jadi bahan pertimbangan. Jika kurang jelas kami juga menyediakan link video Cara Cek Kesehatan Laptop

VIEW VIDEO