Hindari Hal Ini Jika Ingin Laptopmu Awet !

Bagi para pengguna laptop pasti agak jengkel juga apabila mempunyai laptop yang mudah rusak, tahukah kamu laptop rusak bukan semata-mata produknya yang jelek atau gagal produk. Yuk kita pelajari apa saja yang bikin laptopmu mudah rusak. Sehing kita bisa mendeteksi penyebab kerusakan laptop yang kita miliki atau kita pakai.

Di artikel kali ini softmedia akan memberikan penjelasan mengenai perilaku apa saja penyebab dan efek yang ditimbulkan pada laptop sehingga mudah rusak. Sehingga kamu bisa berjaga-jaga dan lebih hati-hati dalam menggunakan laptopmu. Yuk simak beberapa penyebab berikut :

Penyimpanan / Kondisi Sekitar

Penyebab kerusakan laptop biasanya dipengaruhi oleh tempat kamu menyimpan laptop itu sendiri, yang paling sering rusak apabila disimpan di tempat yang lembab sehingga efek sampingnya laptop mudah menjamur dan rusak. kerusakan yang disebabkan oleh lembab ini diantaranya keyboard rusak, mati total, layar mati, touchpad mati dll.

Kejadian ini sering terjadi di musim penghujan, suhu yang dingin membuat laptop mudah lembab, lantas apa yang harus dilakukan ? cukup mudah yaitu sering-sering nyalakan laptopmu paling tidak  sehari sekali.

TRENDING :   Cara Mematikan Update Otomatis Windows 11

Selain kelembaban, hal yang harus kamu perhatikan adalah kebersihan lingkungan sekitar penyimpanan laptop. Pastikan kamu menyimpan laptop di tempat yang bersih dan terhindar dari debu. Debu juga sangat berpengaruh pada keawetan laptopmu.

Satu lagi jangan sampai laptopmu jadi sarang semut 😀 . Sering kali kami menemui laptop jadi sarang semut sehingga diapstikan entaah itu layar atau mainboardnya rusak.

Solusi :

  • Simpanlah laptopmu di tempat yang aman dan kering
  • Apabila tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama usahakan batre dilepas
  • Usahakan penyimpanan jauh dari debu dan kelembaban
  • Simpan di dalam tas dan kasih antijamur biar lebih awet

Pemakaian

Selain penyimpanan, cara pemakaian laptop yang asal-asaalan juga bisa bikin laptopmu mudah rusak. Salah satunya ialah memakai laptop terus menerus dengan charger yang terus menancap ke listrik, itu bisa menyebabkan batremu mudah drop. Selain itu biasanya memakai laptop di kasur, yang bisa bikin laptopmu mudah over heat karena kipasnya kotor kena debu kasur 😀

Beberapa kecerobohan lain ialah memakai laptop terelalu lama, dan tidak dimatikan langsung tutup aja, trus masukin tas bawa kemana-mana :D, bisa aja hardiskmu jadi korban. Adalagi yang pakai laptop disambil minum dan tumpah ke laptop, hayooo siapa yang pernah alami ???

TRENDING :   Tips Mudah dan Praktis Merawat Laptop Agar Awet

Solusi :

  • Sering-sering pakailah laptopmu
  • Apabila memakai laptop sambil charger usahakan cabut charger ketika penuh
  • Jauhkan makanan dan minuman dari laptop ketika dipakai
  • Sering bersihkan laptop dari kotor debu maupun lembab

 

Saran dari kami ialah tetap waspada dan berhati-hati dalam menyimpan atau mnggunakan laptop, selain harganya mahal , kalau rusak biasa service nya juga tidak murah. Semoga bermanfaat