Spesifikasi Minimum Laptop Untuk Aplikasi Dapodik

DAFTAR ISI :

Saat ini sekolah-sekolah banyak yang kurang paham tentang laptop yang sesuai untuk mengerjakan dapodik 2021. Dapodik 2021 membutuhkan spesifikasi laptop atau PC yang cukup tinggi , kalau spesifikasinya kurang memadai bisa membuat laptop atau PC yang digunakan untuk mengerjakan dapodik menjadi lelet dan mudah panas.

Disini kami akan berbagi informasi seputar spek laptop yang dibutuhkan untuk mengerjakan dapodik 2021. Agar bagi para pengguna atau operator dapodik tidak salah memilih laptop.

Berikut kami akan memberikan informasi tentang spesifikasi laptop yang harus dipersiapkan untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik Tahun 2021.

Processor Core i3 atau Setara

Bagi yang mempunyai laptop dengan processor dibawahnya core i3 / setara, lebih baik segera upgrade / ganti laptop yang sudah core i3, setara, atau lebih baik lagi di atasnya seperti core i5 atau core i7. Karena apabila dipaksakan spek dibawahnya core i3, rata-rata laptop akan terasa lebih lemot ketika dipakai untuk mengerjakan Dapodik 2021. Untuk generasi processor juga disarankan yang keluaran baru, setidaknya generasi 4 ke atas.

TRENDING :   Bagian-bagian Laptop dan Fungsinya Yang Harus Kamu Tahu

Dari beberapa klien kami yang menggunakan processor generasi lama, mereka juga masih mengeluh lambat . Disarankan juga saat membeli laptop untuk dapodik disesuaikan dengan jumlah murid, semakin banyak murid, semakin tinggi spek laptop yang harus dibeli.

Tidak lupa juga usahakan laptop yang dipakai untuk mengerjakan dapodik tidak campur untuk mengerjakan aplikasi berat lainnya.

Memori Minimal RAM 4GB

Untuk memori RAM, disarankan minimal berukuran 4 GB, semakin besar RAM semakin baik. Bagi sekolah yang masih menggunakan ram dibawah 4 GB, kami sarankan untuk segera Upgrade RAM atau ganti yang lebih besar. RAM juga berperan penting untuk menjalankan aplikasi Dapodik 2021, untuk itu harus diperhatikan ketika membeli / menggunakan laptop untuk dapodik 2021.

Ram ini berfungsi untuk mempengaruhi kecepatan laptop yang akan dipakai untuk dapodik 2021, aplikasi dapodik sendiri memang butuh minimal 4 GB, semakin besar ram akan semakin baik.

Hardisk atau SSD

Selain RAM dan Processor, hardware yang harus diperhatikan juga saat memakai / membeli laptop untuk dapodik adalah Hardisk atau SSD. Berdasarkan pengalaman operator dapodik, lebih baik memakai SSD karena prosesnya lebih cepat daripada hardisk.

TRENDING :   Tips Mudah Cek Kondisi Laptop Bekas

Selain lebih cepat, SSD juga lebih hemat tegangan batre, dan juga tidak mudah panas. Walaupun menggunakan hardisk juga mampu, kalau yang menginginkan laptop dengan speed lebih cepat, lebih baik cari laptop yang sudah SSD, atau upgrade Hardisk ke SSD.

Untuk ukuran hardisk atau SSD biasanya kami menggunakan minimal SSD 120 GB dan Hardisk 500 GB atau di atasnya. Untuk yang menginginkan memori hardisk atau ssd besar bisa mengkombinasikan keduanya, atau memakai SSD yang ukuran besar minimal 512 GB sehingga selain cepat, juga bisa menyimpan banyak data.

OS Minimal Windows 10

Selain Hardware, kita juga harus memperhatikan software OS yang dipakai di laptop yang akan digunakan untuk dapodik 2021. OS yang harus dipenuhi ialah memakai Windows 10 64 bit, oleh karena itu yang masih menggunakan laptop ber OS windows 7 atau 8, segera upgrade laptop / PC anda ke windows 10.

Bagi yang membeli laptop baru, jangan kawatir karena laptop sekarang sudah bawaan windows 10 ori semua, jadi tidak perlu upgrade windows, tinggal perhatikan hardwarenya saja yang sesuai dengan spesifikasi di atas.

TRENDING :   Cara Mudah Mematikan Update Otomatis WIndows 10

Semoga informasi dari kami bermanfaat dan bisa jadi referensi bagi sekolah atau operator dapodik ketika mau menggunakan atau membeli laptop untuk aplikasi dapodik 2021.