Bagian-bagian Printer Canon IP 2770 dan Fungsinya

Bagian – bagian Printer Canon IP 2770

Bagi teman-teman yang masih pemula masalah printer, khususnya pengguna canon IP 2770, kali ini kami akan membahas bagian-bagian printer canon ip 2770 yang perlu kalian tahu agar mudah memahami kerusakan-kerusakan printer merk canon .

Kami juga akan menyertakan gambar bagian-bagian printer ini. sehingga lebih mudah dipahami, berikut bagian-bagian printer canon ip 2770 yang sering bermasalah :

CATRIDGE

Catridge merupakan bagian penting pada printer ip 2770 yang berpengaruh terhadap hasil cetak printer tersebut. Catridge pada canon ip 2770 ada 2 macam yaitu black 810 dan color 811. Kerusakan pada catrid biasanya ditandai hasil yang sudah tidak sempurna atau catrid tidak terdeteksi. Untuk catridge tidak terdeteksi biasanya d bersihkan chipna pakai alkohol atau cleaner bisa sembuh.

Sensor ASF atau Sensor Kertas

Kerusakan pada sensor ini biasana ditandai dengan kedip orange 3x atau paper jammed. Bagi kamu yang menemui kasus ini bisa coba untuk menggantinya sendiri karena caranya juga cukup mudah. Harga separepart nya juga tidak terlalu mahal dan banyak dijual di online shop.

TRENDING :   Canon MAXIFY GX6020 Driver Software

Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi kertas atau benda asing yag masuk dalam printer ip 2770. Apabila sensor ini bermasalah, biasanya printer tidak mau mencetak atau menarik kertas. Selain itu kerusakan yang timbul adalah printer menarik kertas tapi tidak ada hasil tulisan.

Roller Penarik Kertas

Roll kertas ini berfungsi untuk menarik kertas cetak, kerusakan pada bagian ini diantaranya ialah menarik kertas langung banyak atau lebih dari satu roll macet, tidak bisa narik kertas. Apabila rusak bagian ini, sebaiknya ganti sepaket. Untuk mendapatkannya kamu bisa kanibal dari unit lain atau beli online di internet.

Rumah Catridge

Bagian ini adalah tempat dimana kita meletakkan catridge 810 dan 811, kerusakan pada bagian ini biasanya tidak bisa mendeteksi atau membaca catridge, diganti catridge normal tetap tidak terbaca, terkadang juga efek kerusakanya ialah untuk mencetak garis tidak bisa lurus. Apabila kerusakan pada bagian ini, lebih baik ganti saja atau bersihkan bagian chipnya terlebih dahulu.

Mainboard Printer

Mainboard ini adalah bagian yang mengontrol semua perintah pada printer, kerusakanya ditandai dengan kode atau kedip 10x, atau bisa juga printer mati total tidak mau nyala. Untuk tipe lama, jika rusak kedip 10x bisa ganti R301 R302, tapi untuk mainbord tipe baru, harus ganti IC atau ganti mainboard.

TRENDING :   Canon PIXMA TR8620 Driver Software

Power Supply (PSU)

Power suply adalah bagian printer yang terletak di sebelah bawah printer. Bagian ini berfungsi sebagai penyuplay aliran listrik ke mainboard, power suply berfungsi mengubah arus AC menjadi DC sesuai kebutuhan mainboard printer. apabila komponen ini rusak biasanya printer akan mati total tidak bisa dinyalakan.

Timing Disk (Sensor Disk)

Timing disk adalah salah satu bagian printer canon ip 2770 yang terletak disebelah kiri printer, apabila kamu membuka asing atas printer maka bagian ini akan terlihat. Bagian ini berfungsi untuk mengontrol hasil cetak, apabila timing disk rusak biasanya hasil cetak tidak merata atau ada yang hilang sebagian, selain itu juga bisa menyebabkan hasil printer putus-putus atau garis tidak lurus.

 

Itu tadi adalah beberapa bagian printer ip 2770 yang perlu kamu tahu, kamu bisa cek atau praktek secara langsung agar lebih detail dan lebih mudah paham dimana letak bagian-bagian printer tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah ilmu kamu tentang printer canon khususnya ip 2770.

TRENDING :   Canon PIXMA MG3620 Driver Software Download